Permainan sepak
bola merupakan salah satu cabang olahraga
permainan yang sangat digemari oleh anak-anak (siswa) sekolah bahkan
seluruh lapisan masyarakat di pelosok tanah air Indonesia. Agar para siswa
dapat melakukan permainan sepak bola, kepada mereka perlu diajarkan gerak dasar
yang benar dan teratur oleh para guru atau pelatih sepak bola. Gerak dasar
dalam permainan sepak bola terkait dengan keterampilan teknik yang ada dalam permainan yang meliputi unsur-unsur
sebagai berikut:
1. Macam-macam menendang bola
2. Macam-macam menghentikan bola
3. Macam-macam menggiring bola
4. Macam-macam menyundul bola.
Sebelum kita masuk pada contoh pembelajaran permainan sepak bola
alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai macam permainan yang
berhubung-an dengan gerak dasar sepak bola, agar anak dapat merasakan dan
menjelajahi pola permainan tersebut sehingga mereka dapat menemukan berbagai
macam gerak dasar sepak bola tersebut. Permainan tersebut diantaranya mengoper,
menendang bola, dan menghentikan bola dengan kelompok bermain pada lapangan
yang terbatas.
1.
Sikap awal
Siswa
dijadikan beberapa kelompok dalam satu kelompok terdiri dari 6 anak. Setiap
kelompok mendapat satu bola, bola di oper-operkan dan apabila semua anak telah
menerima giliran menyentuh bola boleh dilakukan menendang ke arah gawang.
2.
Permainan mengoper
Setiap
kelompok siswa membuat posisi berbaris berhadapan di belakang dua tanda yang
terpisah dengan jarak tiga sampai delapan meter, seorang siswa mengoper pada
siswa lain yang berada paling depan dari kelompok dihadapannya, setelah itu siswa
lari secepatnya ke arah paling belakang
kelompok yang lain. Setiap siswa melakukan pola ini dan istirahat setelah
melakukannya selama tiga sampai lima menit.
3. Menendang dan menghentikan bola
Setiap
kelompok siswa membuat posisi sebuah lingkaran yang menghadap ketengah atau
kedalam. Sebuah bola diberikan kepada seorang siswa yang ada dalam lingkaran.
Siswa tersebut akan meletakkan bola di depannya kemudian ditendang ke arah yang
diinginkan. Cara menendang bola tidak ditentukan apakah dengan ujung kaki, kaki
bagian dalam, atau dengan kura-kura kaki. Siswa yang dituju atau yang didekati
oleh bola tadi berusaha untuk menangkap bola dengan tangan atau menghentikan
bola dengan kaki. Setelah itu ia juga akan meletakkan bola di depannya dan akan
menendang ke arah yang di inginkannya. Begitu selanjutnya sampai batas waktu
yang ditentukan oleh guru, setiap menghentikan bola dengan kaki anak harus
berusaha dengan berbagai sikap kaki (kura-kura, kaki bagian dalam dan kaki
bagian luar).
Pada
latihan ini akan diperoleh aktifitas bagaimana siswa akan berkerjasama atau
memberikan kesempatan pada temannya untuk menendang dan menghentikan bola
sehingga semua dapat melakukan aktifitas. Di samping itu mereka akan menemukan
bagaimana menendang dan menghentikan bola yang nyaman dan dapat memenuhi
keingginannya, walaupun tendangannya belum mencapai sasaran. Guru hanya
memberikan saran-saran dan tidak memaksakan harus begini atau harus begitu,
tetapi bagaimana kalau Anda lakukan begini atau coba begini, sehingga anak
didik tidak merasa dipaksa atau disalahkan. Guru dalam membangkitkan minat dan
semangat serta gairah siswa dengan cara memberikan pujian. Oleh sebab itu, semua
gerakan yang dilakukan oleh siswa sementara di anggap betul.
4.
Pengembangan permainan menendang bola
a. Jarak atau besarnya lingkaran setiap
kelompok atau jumlah anak dari setiap kelompok, guru dapat mengubah atau
menambah, tetapi harus disesuaikan dengan keadaan dan keterampilan anak didik.
b. Bola yang diberikan pada setiap kelompok
lingkaran, pada awalnya hanya satu saja, kemudian setelah itu pemberian bola
dapat diperbanyak sehingga lebih menarik, asal tidak membahayakan bagi anak
didik.
c. Apabila menghentikan bola dengan kaki,
anak ahrus berusaha bagaimana agar bola itu tidak memantul lagi dari kaki. Dan
menghentikan bola ini dapat dilakukan berbagai posisi kaki. Kalau bola
dilemparkan oleh teman atau melambung tinggi usahakan agar memberhentikan bola
dengan dada atau dengan paha atau dengan kura-kura kaki. (baik bagian kiri atau
bagian kanan)
d. Pada awal pembelajaran bola ditendang
dengan bebas dengan semua dari bagian kaki. Setelah itu dapat ditentukan,
apakah di tendang dengan kaki bagian dalam saja, punggung kaki (kura-kura) atau
tumit.
e. Tendangan juga dapat ditentukan, apakah
dengan kaki kiri saja atau kaki kanan saja.
f. Berikut, kalau tadinya siswa menendang
bola hanya dari tempat masing-masing ke arah depan, sekarang bola
diletakkan/dibawa ke tengah lingkaran. Bola yang akan ditendang ditentukan
arahnya, mungkin ke samping kiri, mungkin ke kanan atau dapat juga ke belakang.
Kegiatan ini dilakukan bergantian, semua anak harus mendapat giliran sesegera
mungkin.
g. Selanjutnya kalau tadi sebelum menendang,
bola harus ditangkap atau diberhentikan dahulu pada tempat kita berdiri,
sekarang bila bola datang menuju kita, bola harus ditendang langsung. Bola
dapat ditendang dengan kaki bagian dalam, ujung jari kaki, tumit atau kura-kura
kaki atau dapat juga dimainkan dengan paha kalau bola tinggi. Artinya, sekarang
anak dapat juga menendang bola ke segala arah.
h. Tugas ajar menendang tersebut dapat
dilakukan baik dengan kaki kiri maupun
kaki kanan.
i.
Bola
yang datang diberhentikan lagi dan setelah bola diberhentikan, sekarang
menendang bola akan dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai terlebih
dahulu. Setelah bola dipantulkan ke lantai, kemudian bola ditendang dengan
kura-kura kaki atau dengan bagian kaki yang lain (kaki bagian dalam, kura-kura
dan sebagainya)dan dapat juga ditendang dengan tumit kaki.
j.
Kalau
tadi bola dipantulkan ke lantai, berikutnya tidak dipantulkan, tetapi
dilambungkan ke arah kaki yang akan menendang dan langsung ditendang sebelum bola
menyentuh lantai. Tendangan selalu diarahkan ke depan walaupun belum menentu
arahnya.
k. Bila anak sudah lebih mahir dalam kegiatan
tersebut, berikut seberang lingkaran. Bola digelindingkan kepada temannya yang
akan menedang bola tersebut. Setelah bola sampai pada teman yang dituju
umpamannya dengan kaki bagian dalam, ujung jari kaki ataupun dengan kura-kura
kaki menendang juga dapat dilakukan dengan kaki kanan, maupun dengan kaki kiri.
l.
Kalau
tadi bola digelindingkan, sekarang bola ditendang dalam posisi sedang melambung
sehingga sampai pada pasangannya, bola ditendang dalam
keadaaan melambung. Cara menendangnya juga dilakukan dengan berbagai macam
posisi kaki, baik kaki kiri maupun kaki kanan. Setiap menendang bola, anak
berusaha atau dapat mengarahkan ke mana arah bola yang diinginkan.
m. Berikut, tugas menendang bola ke segala
arah dan dengan berbagai macam posisi kaki (kaki dalam, ujung jari kaki,
punggung kaki atau dengan tumit). Tugas ajar itu juga dapat dilakukan dengan
kaki kiri atau kaki kanan. Caranya adalah bola yang datang digelindingkan atau
dilambungkan oleh seseorang dari seberang lingkaran. Anak yang akan
melaksanakan tugas ajar itu, langsung menjemput bola ke depan dan menendang
bola ke arah yang sudah ditentukan(muka, belakang, kiri, kanan dan sebagainya).
5.
Bermain dengan tiga keterampilan
Permainan
ini memerlukan 5 sampai 6 orang anak. Ini akan bermanfaat karena meliputi
melempar bola, mengontrol bola, menggiring bola dan lari. Letakkan tiga penanda
berbentuk segi tiga dengan masing-masing sisi. Seorang pemain dari kelompok A
melakukan lemparan kedalam,seorang dari kelompok B berlari dan mengontrolnya. Pemain
kelompok B tadi menggiring bola mengitari penanda 3 seperti yang
ditunjukkan,lalu lari kebelakang kelompok A, sedangkan anak yang melemparkan
bola tadi lari bergabung dan mengambil posisi dibelakang kelompok B, sementara
itu dua anak yang lain mengulangi permainan itu.
Fokus perhatian
Hal yang
perlu diperhatikan dari aktivitas tadi adalah bahwa anak diberi kebebasan berbagai macam menendang,meliputi:
a. Menendang bola diam dengan berbagai posisi
kaki (ujung, dalam, kura-kura maupun kaki luar) baik dengan kaki kiri maupun
kanan,kearah depan saja.
b. Menendang bola diam deengan berbagai posisi
kaki,baik dengan kaki kiri maupun kanan untuk berbagai
arah(kiri,kanan,muka,belakang).
c. Menendang bola bergerak dengan berbagai
posisi kaki,baik dengan kaki kiri maupun kanan untuk kearah depan saja.
d. Menendang bola bergerak dengan berbagai
posisi,baik dengan kaki kiri maupun kanan kesegala arah.
e. Menghentikan bola dengan berbagai posisi
kaki,baik dengan kaki kiri maupun kanan.Yang lebih penting adalah agar bola
tidak memantul jauh dari kaki anak.
6. Menggiring bola
Meskipun
sepak bola merupakan permainan beregu yang membutuhkan kekompakan/ kerjasama
tim yang terpadu, tetapi diperlukan pula
kecakapan individual yang tinggi. Untuk dapat menggiring bola dengan baik
diperlukan keterampilan perorangan agar bola dapat digiring dengan cepat tanpa
mudah di rebut lawan.
Ada
beberapa cara menggiring bola yang harus
dikuasai dengan baik. Cara-cara menggiring
tersebut, sebagai berikut :
- Menggiring bola dengan kura-kura kaki bagian luar.
Mengiring
bola dengan cara ini, apabila gerakannya maju yang dikehendaki berupa lintasan
melengkung. Dengan cara ini siswa /pemain akan dapat bergerak dengan cepat
tanpa mudah dihadang oleh lawan karena posisi bola berada di sisi lain dari
lawan. Untuk dapat melakukannya, perhatikan posisi kaki. Sikap kaki yang
digunakan untuk menggiring bola tidak jauh berbeda dengan cara menendang bola
dengan menggunakan kura-kura kaki bagian
luar. Kaki yang digunakan untuk menendang bola agak diputar ke dalam pada
pergelangan kakinya ke arah kaki tumpu. Sambil berlari, bola disentuh pada
titik pusatnya dengan kura-kura kaki bagian luar.
- Menggiring bola dengan kura-kura bagian dalam.
Teknik ini
tepat digunakan bila pemain ingin menggiring bola sambil lari melingkar. Posisi kaki sama dengan bila akan menendang bola dengan kura-kura
bagian dalam. Kaki yang akan digunakan untuk
menggiring bola diputar keluar pada pergelangan kakinya.
- Menggiring dengan kura-kura kaki.
Teknik ini
biasanya digunakan bila pemain ingin menggiring bola dengan lari ke depan
lurus. Kaki yang digunakan untuk menggirirng bola ditarik ke bawah pada pergelangan
kaki sehingga kura-kura
kaki menghadap ke depan. Bola disentuh dengan menggunakan punggung
kaki dengan luwes sehingga bola tetap dekat dengan kaki.
Setelah melakukan latihan menggiring bola, maka setiap kelompok anak
membuat lingkaran menghadap ketengah. Sebuah bola diberikan pada salah seorang
anak dalam kelompok tersebut. Anak tersebut meletakkan bola di depannya, kemudian
menggiring bola kearah depan menuju salah seorang teman yang berada
dihadapannya. Setelah sampai pada tempat yang dituju, bola dioperkan pada teman
tersebut dan dia menggantikan posisi berdiri teman tersebut, sedangkan teman
yang menerima bola tadi mendribble bola kedepan kearah teman yang lain yang
belum mendapat giliran. Begitu selanjutnya sampai peserta didik mendapat giliran.
7.
Alat /media pembelajaran yang digunakan:
Bola yang
digunakan disesuaikan dengan kondisi fisik anak SD,bisa terbuat dari kain
bekas, kertas, dari kulit jeruk, bola plastik serta bola-bola yang ringan dan
berwarna warni, bukan ukuran standar.
Catatan
Perlu
diingat bahwa permainan yang diberikan di atas adalah bertujuan untuk memberikan pada anak berbagai macam gerak yang
berhubungan dengan menendang, menggiring, menghentikan, menembak ke arah
gawang, yang dilakukan dengan kelompok kecil dan dengan pemberian alat/bola
dari jenis dan bahan apa saja yang terdapat di sekitar lingkungan tempat
tinggal anak, prinsipnya benda bulat yang dapat menggelinding dan tersedia
dalam jumlah yang cukup memadai dan
tidak membahayakan anak didik.
Tujuannya
adalah agar anak didik dapat melakukan gerakan sebanyak mungkin (dengan tidak
lama menunggu giliran), serta dapat bersosialisasi dengan teman-temanya dengan
baik. Dengan sendirinya ranah afektif akan meningkat apa lagi psikomotornya
karena yang dilakukannya adalah sesuai dengan
keinginannya dan menggembirakan bagi anak didik, dan anak didik tidak terlalu terikat dengan peraturan dan perintah guru.
untuk mengembangkan ranah kognitif, ia akan berusaha bagaiman agar setiap posisi
kaki yang dipergunakan untuk menendang, bagaimana ia dapat mengarahkan bola ke arah mana yang ingin dituju.
Demikian
pula dalam menghentikan bola, anak didik akan memikirkan bagaiman agar bola itu
dapat berhenti dan tidak memantul jauh dari kakinya. Juga menggiring bola yang
dikejar oleh temannya, bagaimana agar temannya tidak dapat mengambil/merebut bola yang berada pada
kakinya.
Keterampilan
tersebut tidak mungkin dapat dikuasai oleh anak didik sekaligus dalam satu semester, tetapi diharapkan mereka
memiliki pengalaman dalam bermain dan mengulanginya ketika berada di luar
sekolah.
8.
Pembelajaran Sepak bola
Pada
kesempatan ini ditampilkan suatu contoh pembelajaran gerak dasar permainan
sepak bola.
a. Bermain menendang dan menangkap bola.
Dua
kelompok regu yang berhadapan dengan posisi bebas pada jarak 5-8 meter. Salah satu regu yang berada di belakang garis
batas dengan sebuah bola di tangan siap menendang bola melambung ke daerah
seberang, berusaha bolanya dapat
melewati garis batas. Regu seberang siap
menangkap bola lambung dalam daerahnya dari regu penendang. Apabila bola dapat
ditangkap maka diberikan nilai satu bagi regu penangkap. Kegiatan dilakukan
secara bergantian setelah ada aba-aba dari guru. Regu penendang dapat nilai satu, bila bola yang ditendang melewati
garis batas 5-8 meter. Regu yang dapat
mengumpulkan nilai terbanyak menjadi regu yang memenangkan pertandingan
sederhana itu
b. Bermain menendang dan menghentikan bola
serta berlari ke tempat kosong.
Dua
kelompok regu masing-masing terdiri 4-5
siswa, bermain menendang bola diarahkan tepat kepada
teman yang masing-masing berjarak 2 meter, kemudian segera si penendang lari
ketempat lingkaran yang kosong. Penerima tendangan menghentikan bola dan segera mengoper bola ke teman yang lain dan segera pula lari ketempat lingkaran yang kosong. Latihan ini dilakukan secara bergantian, regu yang salah oper
atau salah lari diganti oleh temannya seregu yang lain. Regu yang lebih cepat
selesai mendapat nilai satu poin. Regu yang tanpa salah mendapat tambahan
nilai satu lagi. Regu yang mengumpulkan nilai terbanyak ke luar sebagai regu
pemenang.
9.
Bermain
menggiring dan menyundul bola
Dua pasang
regu berhadapan berbaris ke belakang di
garis awal dengan jarak 20 meter. Apabila ada aba-aba dari guru , siswa secepatnya
menggiring bola menuju rintangan di
tengah, kemudian memutarinya. Setelah
itu, ia mengambil bola dengan tangan
untuk dilambungkan, di sundul dan ditangkap kembali berulang kali menuju teman seregunya yang berdiri pada
garis seberang lainnya. Kemudian , teman seregu segera melakukan
kegiatan yang sama. Pemenang adalah regu yang paling cepat melakukan lomba
tersebut.
10. Bermain
menggiring dan memasukkan bola ke dalam gawang
Dua kelompok regu
menggiring bola di dalam lingkaran. Arah dan cara menggiring bebas. Apabila
guru menyebut suatu nomor maka 2 orang anak dari regu berbeda yang bernomor
sama, secepatnya menggiring bola ke luar lingkaran dan menembakkan bola menuju
ke dalam salah satu gawang yang tersedia.
Nilai satu
diberikan pada regu yang memasukkan bola ke dalam gawang. Anak yang lebih cepat
memasukkan bola mendapat tambah satu nilai lagi. Regu yang banyak mengumpulkan
nilai adalah pemenangnya.









11. Penutup
Setelah semua materi disampaikan dan
dilaksanakan, peluit dibunyikan tanda usai pelajaran. Anak-anak diajak
berkumpul kembali ditempat yang teduh, sambil duduk santai. Guru mengkaji ulang
pembelajaran yang baru dilaksanakan, dan memberikan koreksi dan contoh gerakan
yang benar dan salah tetapi tidak bermaksud mencari kesalahan siswa.
Selanjutnya guru dapat bertanya kepada siswanya.
Misalnya, dengan pertanyaan: “ Ismam,
kau tendang dengan bagian kaki yang mana sewaktu menendang bola?” Kemudian anak diajak menyanyi
“Di sini senang, Disana senang”. Setelah cukup penenangan, anak-anak diajak
mengembalikan alat-alat yang digunakan dalam pembelajaran tersebut di tempat
semula.
PROMO NEW MEMBER 15%
BalasHapusPerizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di cabang judi online yg bertaraf International, sahih dan terpercaya hanya di situs judi online.
Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man buat beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.
sabung ayam s1288
Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz
BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY
BalasHapusCemePoker yaitu cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan bermacam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai perwakilan judi poker dengan rating win tertinggi.
Cemepoker menjamin 100% keamanan separuh membernya lagi pemain Poker kami dijamin 100% Player VS Player.
jangan cabar nantikan sagu hati merenggut setiap bulannya dan hadiah referal segolongan hidup
https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/
Ayo daftar hari ini di cemepoker ---> http://104.248.153.37/
terima kasih sangat setuju guru pjok kota palopo sdn 30 matttirowalie damaris tolla supaya ditampilkan juga vidio pembelajaran yang lebih lengkap
BalasHapusBISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL
BalasHapusDewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.
Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man pada beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.
https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
zeusbola livechat
promo s128 adu ayam
Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova 888, main langsung maxbet nova88.
Sangat bagus
BalasHapusSangat bagus
BalasHapusSangat senang membacanya
BalasHapusDan bagus sekali
BalasHapusBisa memahami
BalasHapusBagus untuk membaca dan bisa
BalasHapusmemahaminya
Bagus untuk membaca dan bisa
BalasHapusmemahaminya