Pendidikan jasmani bukanlah pendidikan terhadap badan, atau
bukan merupakan pendidikan tentang problem manusia dan kehidupan. Jika kita perhatikan kembali secara seksama model
pemebalajaran pendidikan jasmani, Gambar
1 di bagian depan, maka dapat diketahui
bahwa tujuan pendididkan jasmani terdiri dari empat ranah, yakni: (1) jasmani,
(2) psikomotorrik, (3) afektif, dan (4)
kognitif. Keempat ranah tersebut merupakan tujuan sementara jika dipandang
bahwa pendidikan jasmani itu merupakan bagian integral dari pendidikan, dan
tujuan pendidikan itu merupakan pelengkap atau penguat tujuan ppendidikan.
Apabila anak aktif melakukan pendidikan jamani, misalnya
anak bermain kejar – mengejar, maka pada
kegiatan yang tidak mereka sadari akan menjadi penyebab terjadinya
perubahan-perubahan. Setiap perubahan
pada setiap peserta didik, akan terjadi penambahan kekuatan otot tungkai, daya
tahan otot tungkai, peningkatan fungsi alat-alat pernafaan, kelentukan
sendi-sendi tubuh, terutama sendi-sendi tungkai dan lengan.
Untuk mencapai tujuan
pembelajaran pendidikan jasmani dengan baik dan lancar, maka guru pendidikan
jasmani harus betul-betul mengetahui interaksi edukatif berikut ini (Winarno
Surachmad, 1980).
- Keadaan anak (jenis kelamin, atau kemampuan anak, karakteristik dari perkembangan anak).
- Penentuan bahan pelajaran yang tepat.
- Tempat pelaksanaan ( lapangan terbuka, ruang senam, kolam renang, lapangan halaman bermain).
- Tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran (rasa sosial, kemampuan motorik).
- Kemampuan motorik, afektif atau kognitif.
- Tersedianya media atau alat pembelajaran pendidkan jasmani.
- Penentu pembelajaran dan metode penyampaian (bentuk metode penyampaian bermain, kriteria, gerak dan lagu, meniru, lomba, tugas, komando, latihan, dan modifikasi).
- Adanya penilaian proses dan hasil interkasi.
Pencapaian pembelajaran akan lancar dan berhasil bila interkasi edukatif
tersebut diatas sebagai butir yang saling terkait antara satu butir dengan
butir yang lain.
|
- Memacu perkembangan dan aktivitas system peredaran darah, pencernaan, pernapasan, dan persyarafan.
- Memacu pertumbuhan jasmani seperti bertambahnya tinggi dan berat badan.
- Menanamkan nilai-nilai disiplin, kerja sama, sportivitas, tenggang rasa.
- Meningkatkan keterampilan melakukan kegiatan aktivitas jasmani dan memiliki sikap positif terhadap pentingnya melakukan aktivitas jasmani.
- Meningkatkan kesegaran jasmani.
- Meningkatkan pengetahuan pendidikan jasmani.
- Menanamkan kegemaran untuk melakukan aktivitas jasmani.
Telah diketahui bahwa
tujuan pendidikan terkelompok pada empat ranah
dalam sehari-hari, akan berpengaruh positif terhadap kekuatan,
kelentukan, bahkan daya tahan baik otot – otot lokal maupun daya tahan cardio vasculer. Namun betapapun baiknya
pengaruh akativitas anak yang tidak terencana, masih akan lebih baik kalau
aktivitas itu direncanakan, dan
hasilnya pun dapat ditentukan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Khusus mengenai tahapan unjuk kerja motorik (motor behavior) dan terminal (umur anak) yang diutarakan oleh
Gabbard, LeBlanc, dan Lowy (1987) dalam
tabel berikut:
Tabel 1.
Tahap untuk Kerja Motorik (Motor Behavior)
Terminal
|
Tahapan Gerak
|
Aktivitas Karakteristik
|
0-2 th, masa kanak-kanak
|
Gerak tak sempurna
|
Berguling, duduk, merayap, merangkak, berdiri,
berjalan, dan memegang.
|
2-7 th, masa anak-anak awal
|
Gerak dasar dan pemahaman
efisien
|
Kesadaran gerak lokomotor,
nirlokomotor, dan manipulasi.
|
8-12 tahun, masa anak-anak
|
Khusus/khas
|
Penghalusan keterampilan dan
penyadaran gerak menggunakan gerak dasar, dalam tari, permainan/olahraga,
senam, dan kegiatan olahraga air.
|
12- dewasa, masa remaja dan
dewasa
|
Spesialisasi
|
Bersifat kompetisi dan rekreasi
|
Dari tabel inilah dapat dilihat pada umur berapakah anak mulai masuk SD,
jenis kemampuan motorik apakah yang telah dikuasai anak, dan jenis kemampuan
motorik apakah yang harus dikembangkan oleh guru pendidikan jasmani.
Mas, untuk literaturnya tolong dicantumkan y. trims...
BalasHapusMain judi kalah terus di tempat lain?
BalasHapusdan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.
JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
Livechat 24 Jam
PIN BBM : 7AC8D76B
WA : 081910053031
Twitter : @S1288POKER