Kamis, 23 Februari 2012

Aktivitas Pengembangan Kemampuan Jasmani


Seperti telah dikemukakan bahwa pendidikan jasmani berpangkal pada gerakan manusia, yang menampakkan dirinya keluar terutama dalam bentuk aktivitas jasmani. Hal ini berarti menunjukkan pada bentuk aktivitas gerak. Sehubungan dengan itu, maka untuk pembahasan selanjutnya dalam penulisan ini akan digunakan istilah aktivitas gerak.
Berbagai pendapat tentang tahap-tahap perkembangan manusia, telah banyak dikemukakan oleh para ahli. Diantaranya Piaget (dalam Marzuki, 2004) mengemukakan empat tahap perkembangan yang menekankan pada aspek psikologis, yaitu:
a.       Tahap senso-motorik (0. 0 – 2.0)
b.      Tahap pre-operasional (2. 0 - 7. 0)
c.       Tahap konkrit-operasional (7. 0 - 11. 0)
d.      Tahap formal-operasional (11. 0 - dewasa)

Tahap-tahap perkembangan tersebut, kiranya sesuai dengan aktivitas pengembangan kemampuan yang dikemukakan oleh Abdulkadir Ateng (1997), sebagai berikut:
a.       Pengembangan kemampuan gerak awal mulai berkembang segera setelah lahir sampai hampir berumur 2 tahun, yang mencakup atas:
1)      aktivitas gerakan lokomosi seperti merayap, merangkak, dan berjalan.
2)      aktivitas gerakan manipulasi seperti meraih, menjangkau, dan melepas objek-objek.
3)      aktivitas gerak stabilisasi seperti untuk menguasai kepala, tengkuk, dan tubuh bersama-sama denga belajar duduk dan berdiri tanpa bantuan.
b.      Pendidikan gerak di taman kanak-kanak dan kelas-kelas permulaan sekolah dasar (SD), mencakup perkembangan kemampuan gerakan lokomasi, manipulasi, dan stabilisasi.
Selain dari itu Iain Adams dan B.E Rahantoknam (dalam Abdulkadir Ateng) 1997) mengemukakan, bahwa keterampilan pengelolaan tubuh dasar yang diajarkan pada kelas-kelas permulaan di sekolah dasar  kurikulum SD Bidang Studi Pendidikan Jasmani/ Olahraga dan Kesehatan) diberikan mulai dari kelas I s/d kelas IV, terdiri atas:
a.       Keterampilan lokomotor
b.      Keterampilan nonlokomotor
c.       Keterampilan manipulasi
Berdasarkan kedua pendapat tersebut di atas, maka sesuai dengan program pengajaran pendidikan jasmani melalui bentuk-bentuk aktivitas pengembangan kemampuan gerak dasar yang diajarkan di sekolah dasar adalah:
a.       Aktivitas pengembangan kemampuan daya gerak anak yang dilakukan dari satu tempat yang lain, seperti: berjalan, berlari, melompat, meloncat, berjingkat, melangkah, meluncur, merangkak dan berguling (lokomasi).
b.      Aktivitas pengembangan kemampuan daya gerak anak yang dilakukan di tempat, seperti: membungkuk, memutar, membalik menekuk, merenggang, mengulur, memilin, mengelak (non lokomasi).
c.       Aktivitas pengembangan kemampuan untuk bertindak melakukan sesuatu bentuk gerakan dengan anggota badannya secara lebih terampil, misalnya seperti: melempar, menangkap, menendang, menggiring, mengangkat, memukul, menarik, mendorong (manipulasi).
d.      Terakhir adalah aktivitas pengembangan kemampuan untuk mempertahankan dan menyempurnakan bentuk-bentuk dan corak dari gerakan dasar yang telah diperolehnya, agar menjadi lebih mantap. Selain dari itu, merupakan bagian dari permulaan lagi bagi aktivitas anak-anak, untuk menperoleh bentuk-bentuk gerakan yang baru dari situasi yang baru (stabilisasi).

Aktivitas pengembangan kemampuan gerakan stabilitas, pada dasarnya adalah suatu bentuk kegiatan yang diajarkan kepada anak-anak pada kelas-kelas permulaan sekolah dasar, agar mereka memiliki kemampuan untuk mempertahankan kseimbangannya. Oleh karena itu, kepada anak-anak biasanya diajarkan berbagai bentuk latihan keseimbangan, mulai dari yang sederhana meningkat pada yang komplek atau dari yang mudah meningkat kepada yang lebih sulit. Misalnya kepada anak-anak diajarkan untuk melatih keseimbangan berbagai sikap dengan bertumpu pada salah satu kaki, berjalan di atas balok keseimbangan, bertumpu pada kaki dan tangan (sikap kayang), bertumpu pada kepala dan tangan badan dan kedua kaki lurus ke atas( kopstand/headbalance), bertumpu pada tangan badan dan kedua kaki lurus ke atas (squat balance/handstand).
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, maka betapa pentingnya bentuk-bentuk keterampilan gerak dasar bagi anak-anak di kelas-kelas awal sekolah dasar. Oleh karena itu program pembelajaran penddidikan jasmani yang diselenggarakaN di sekolah dasar, hendaknya dapat menciptakan berbagai bentuk keterampilan gerak dasar bagi anak-anak di kelas-kelas permulaan sekolah dasar. Dengan melalui berbagai bentuk keterampilan gerak dasar, maka selain akan dapat meningkatkan aktivitas pengembangan kemampuan jasmani anak juga akan sangat berguna untuk:
a.       Menyempurnakan dan menghaluskan berbagai bentuk gerakan yang banyak corak ragamnya
b.      Menghaluskan berbagai bentuk gerakan dasar.
c.       Mengalihkan bentuk-bentuk gerakan dasar dari suatu tempat ke tempat lainnya.
d.      Mengembangkan kemampuan  untu bertindak di dalam melakukan bentu gerakan secara lebih terampil.
e.       Menerapkan berbagai bentuk gerakan dengan lebih mudah dan efisien di dalam lingkungan.
f.       Mempertahankan keseimbangan di dalam melakukan berbagai bentuk gerakan.
g.      Memperoleh bentuk-bentuk gerakan yang baru.
h.      Dapat diterapkan dalam berbagai cabang olahraga.
i.        Membina dan meningkatkan kesegaran jasmani.
j.        Meningkatkan kesanggupan anak-anak di dalam memfungsikan dirinya, serta tindakannya di lingkungan sesuai dengan tingkat pengembangan dan kemampuan jasmaninya.
Aktivitas pengembangan kemampuan jasmani anak-anak, sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang erat kaitannya dengan kesehatan dan sikap serta penampilannya. Hal ini besar pengaruhnya terhadap kesanggupan anak-anak di dalam melakukan gerakan. Oleh karena itu, kepada anak-anak, khususnya pada kelas-kelas permulaan anak sekolah dasar, perlu diberikan pembinaan dan peningkatan mengenai aktivitas pengembangan kemampuan jasmaninya, agar mereka dikemudian hari dapat mengatasi perubahan-perubahan yang terdapat di lingkungannya. Hal ini tentunya sesuai dengan tingkat pengembangan dan kemampuannya.

1 komentar:

  1. Main judi kalah terus di tempat lain?
    dan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
    Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
    Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.

    JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
    Livechat 24 Jam
    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031
    Twitter : @S1288POKER

    BalasHapus