Seperti
telah dikemukakan bahwa pendidikan jasmani berpangkal pada gerakan manusia,
yang menampakkan dirinya keluar terutama dalam bentuk aktivitas jasmani. Hal
ini berarti menunjukkan pada bentuk aktivitas gerak. Sehubungan dengan itu,
maka untuk pembahasan selanjutnya dalam penulisan ini akan digunakan istilah
aktivitas gerak.
Berbagai
pendapat tentang tahap-tahap perkembangan manusia, telah banyak dikemukakan
oleh para ahli. Diantaranya Piaget (dalam Marzuki, 2004) mengemukakan empat
tahap perkembangan yang menekankan pada aspek psikologis, yaitu:
a. Tahap senso-motorik (0. 0 – 2.0)
b. Tahap pre-operasional (2. 0 - 7. 0)
c. Tahap konkrit-operasional (7. 0 - 11. 0)
d. Tahap formal-operasional (11. 0 - dewasa)
Tahap-tahap
perkembangan tersebut, kiranya sesuai dengan aktivitas pengembangan kemampuan
yang dikemukakan oleh Abdulkadir Ateng (1997), sebagai berikut:
a. Pengembangan kemampuan gerak awal mulai berkembang
segera setelah lahir sampai hampir berumur 2 tahun, yang mencakup atas:
1) aktivitas gerakan lokomosi seperti
merayap, merangkak, dan berjalan.
2) aktivitas gerakan manipulasi seperti
meraih, menjangkau, dan melepas objek-objek.
3) aktivitas gerak stabilisasi seperti untuk
menguasai kepala, tengkuk, dan tubuh bersama-sama denga belajar duduk dan
berdiri tanpa bantuan.
b. Pendidikan gerak di taman kanak-kanak dan
kelas-kelas permulaan sekolah dasar (SD), mencakup perkembangan kemampuan
gerakan lokomasi, manipulasi, dan stabilisasi.
Selain dari
itu Iain Adams dan B.E Rahantoknam (dalam Abdulkadir Ateng) 1997) mengemukakan,
bahwa keterampilan pengelolaan tubuh dasar yang diajarkan pada kelas-kelas
permulaan di sekolah dasar kurikulum SD
Bidang Studi Pendidikan Jasmani/ Olahraga dan Kesehatan) diberikan mulai dari
kelas I s/d kelas IV, terdiri atas:
a. Keterampilan lokomotor
b. Keterampilan nonlokomotor
c. Keterampilan manipulasi
Berdasarkan
kedua pendapat tersebut di atas, maka sesuai dengan program pengajaran
pendidikan jasmani melalui bentuk-bentuk aktivitas pengembangan kemampuan gerak
dasar yang diajarkan di sekolah dasar adalah:
a. Aktivitas pengembangan kemampuan daya gerak anak yang dilakukan dari satu
tempat yang lain, seperti: berjalan, berlari, melompat, meloncat, berjingkat,
melangkah, meluncur, merangkak dan berguling (lokomasi).
b. Aktivitas pengembangan kemampuan daya
gerak anak yang dilakukan di tempat, seperti: membungkuk, memutar, membalik
menekuk, merenggang, mengulur, memilin, mengelak (non lokomasi).
c. Aktivitas pengembangan kemampuan untuk
bertindak melakukan sesuatu bentuk gerakan dengan anggota badannya secara lebih
terampil, misalnya seperti: melempar, menangkap, menendang, menggiring,
mengangkat, memukul, menarik, mendorong (manipulasi).
d. Terakhir adalah aktivitas pengembangan
kemampuan untuk mempertahankan dan menyempurnakan
bentuk-bentuk dan corak dari gerakan dasar yang telah diperolehnya, agar
menjadi lebih mantap. Selain dari itu, merupakan bagian dari permulaan lagi
bagi aktivitas anak-anak, untuk menperoleh bentuk-bentuk gerakan yang baru dari
situasi yang baru (stabilisasi).
Aktivitas
pengembangan kemampuan gerakan stabilitas, pada dasarnya adalah suatu bentuk
kegiatan yang diajarkan kepada anak-anak pada kelas-kelas permulaan sekolah
dasar, agar mereka memiliki kemampuan untuk mempertahankan kseimbangannya. Oleh
karena itu, kepada anak-anak biasanya diajarkan berbagai bentuk latihan
keseimbangan, mulai dari yang sederhana meningkat pada yang komplek atau dari
yang mudah meningkat kepada yang lebih sulit. Misalnya kepada anak-anak
diajarkan untuk melatih keseimbangan berbagai sikap dengan bertumpu pada salah
satu kaki, berjalan di atas balok keseimbangan, bertumpu pada kaki dan tangan
(sikap kayang), bertumpu pada kepala dan tangan badan dan kedua kaki lurus ke
atas( kopstand/headbalance), bertumpu
pada tangan badan dan kedua kaki lurus ke atas (squat balance/handstand).
Berdasarkan
hal-hal tersebut diatas, maka betapa pentingnya bentuk-bentuk keterampilan
gerak dasar bagi anak-anak di kelas-kelas awal sekolah dasar. Oleh karena itu
program pembelajaran penddidikan jasmani yang diselenggarakaN di sekolah dasar,
hendaknya dapat menciptakan berbagai bentuk keterampilan gerak dasar bagi
anak-anak di kelas-kelas permulaan sekolah dasar. Dengan melalui berbagai
bentuk keterampilan gerak dasar, maka selain akan dapat meningkatkan aktivitas
pengembangan kemampuan jasmani anak juga akan sangat berguna untuk:
a. Menyempurnakan dan menghaluskan berbagai
bentuk gerakan yang banyak corak ragamnya
b. Menghaluskan berbagai bentuk gerakan
dasar.
c. Mengalihkan bentuk-bentuk gerakan dasar
dari suatu tempat ke tempat lainnya.
d. Mengembangkan kemampuan untu bertindak di dalam melakukan bentu
gerakan secara lebih terampil.
e. Menerapkan berbagai bentuk gerakan dengan
lebih mudah dan efisien di dalam lingkungan.
f. Mempertahankan keseimbangan di dalam
melakukan berbagai bentuk gerakan.
g. Memperoleh bentuk-bentuk gerakan yang
baru.
h. Dapat diterapkan dalam berbagai cabang
olahraga.
i.
Membina
dan meningkatkan kesegaran jasmani.
j.
Meningkatkan
kesanggupan anak-anak di dalam memfungsikan dirinya, serta tindakannya di
lingkungan sesuai dengan tingkat pengembangan dan kemampuan jasmaninya.
Aktivitas
pengembangan kemampuan jasmani anak-anak, sangat dipengaruhi oleh berbagai
faktor yang erat kaitannya dengan kesehatan dan sikap serta penampilannya. Hal ini
besar pengaruhnya terhadap kesanggupan anak-anak di dalam melakukan gerakan.
Oleh karena itu, kepada anak-anak, khususnya pada kelas-kelas permulaan anak
sekolah dasar, perlu diberikan pembinaan dan peningkatan mengenai aktivitas
pengembangan kemampuan jasmaninya, agar mereka dikemudian hari dapat mengatasi
perubahan-perubahan yang terdapat di lingkungannya. Hal ini tentunya sesuai
dengan tingkat pengembangan dan kemampuannya.
Main judi kalah terus di tempat lain?
BalasHapusdan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.
JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
Livechat 24 Jam
PIN BBM : 7AC8D76B
WA : 081910053031
Twitter : @S1288POKER