Kamis, 23 Februari 2012

Aspek-aspek Kesegaran Jasmani


Masalah kesegaran jasmani tidak begitu saja dapat terlepas dari pengaruh faktor emosional mental dan spiritual manusia serta segala fungsinya dalam arti keseluruhan mustahil dapat terpecah dalam bagian-bagian tersendiri. Oleh karena itu, akan lebih baik bila kesimpulan tentang pengertian kesegaran jasmani tersebut di atas dijabarkan menjadi 5 (lima) aspek, sehingga mengarah kepada kesegaran menyeluruh (total fitness) yaitu:

1.     Kemampuan statik (static fitness) ialah tidak adanya cacat dan penyakit. Dengan berpangkal tidak dari arti “sehat” dimana tidak hanya berarti tidak sakit atau cacat, melainkan juga ada keserasian yang sempurna dari segi fisik, mental dan sosial. 
2.       Kemampuan dinamis (dinamika fitness) ialah kemampuan untuk melakukan kegiatan jasmani yang berat yang tidak memerlukan ketangkasan khusus. Dalam hal ini menjadi patokan penilaian kita adalah daya bertahan. Jadi kemampuan untuk bertahan dapat dimasukkan ke dalam kemampuan dinamis dimaksudkan kesanggupan melakukan kegiatan fisik yang lama tanpa menimbulkan kelelahan.
3.   Ketangkasan jasmani (motor skill fitness) adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang dikoordinir. Dalam hal ini diperlukan keterampilan tertentu dan kemampuan daya tahan, seperti pada berenang, melempar, melompat, tinju, bermain sepak bola, tenis, dan sebagainya. Pada gerakan yang dikoordinir terpadu komponen-komponen (unsur-unsur) mempertahankan keseimbangan, fleksibilitas, ketangkasan, kekuatan, bergerak sekonyong-konyong (agility), sehingga untuk semua ini diperlukan kekuatan otot dan daya tahan. 
4.       Kemampuan mental (mental fitness) adalah kemampuan dalam menghadapi tantangan liku-liku kehidupan. Dan untuk ini tentunya diperlukan sifat-sifat mental yang tangguh antara lain:
a.       Kepercayaan terhadap diri sendiri, keuletan, ketabahan hati dan tidak lekas putus asa.
b.      Kehalusan budi dan mampu mengekang nafsu-nafsu terlarang, ramah-tamah, bersifat adil dan berperikemanusiaan.
Seseorang yang telah memiliki tuntutan hidup seperti tersebut di atas, tentu merupakan pribadi yang dapat dibanggakan dan mempunyai dasar Ketuhanan yang teguh.               
5.Kemampuan social (social fitness)
      Hal ini dimaksudkan seseorang untuk dapat berdiri sendiri tanpa menggantungkan hidupnya kepada belas kasihan orang lain, mempunyai cukup kekuatan atau daya tahan untuk melaksanakan tugas pekerjaannya dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar