Kamis, 23 Februari 2012

Konsep Pendidikan dan Kemampuan Jasmani


KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DAN KEMAMPUAN JASMANI

PENDAHULUAN  
Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pendidikan  secara  keseluruhan. Melalui  berbagai kegiatan jasmani di sekolah  intelektual, emosional dan neuromuskuler murid dapat dikembangkan secara simultan.  Sejalan  dengan  perkembangan  istilah yang digunakan untuk pendidikan jasmani tentu akan berpengaruh terhadap lembaga pendidikan, isi pelajaran yang diajarkan  dan predikat dari masing-masing lulusan dari lembaga pendidikan tersebut. Kiranya perlu setiap guru pendidikan jasmani dan kesehatan memahami pengertian dan bagaimana cara  membuat suatu perencanaan yang baik dan tepat sebelum melakukan pembelajaran pendidikan jasmani.
Pengetahuan  yang diperoleh dari bahan ajar ini diharapkan bermanfaat bagi guru sekolah dasar (SD), untuk mengenal tentang pengetahuan pendidikan jasmani pada umumnya dan khususnya karakteristik dari muridnya, sehingga guru akan memikirkan dan mencari metode dan strategi pembelajaran yang lebih tepat, menarik, efektif dan menyenangkan  untuk dapat membantu murid  dalam mengembangkan diri pribadinya.
Mata kuliah Pendidikan jasmani dan kesehatan diarahkan untuk membekali mahasiswa tentang  konsep - dasar pendidikan jasmani dan kesehatan dalam rangka  menambah serta mengembangkan keterampilan dan pengetahuan  guru-guru  non pendidikan jasmani  di SD,  khususnya bagi mahasiswa lulusan program S1 PJJ di Indonesia. Melalui pemahaman yang mendalam diharapkan guru –guru  dapat memberikan layanan pembelajaran pendidikan jasmani di SD  yang metodis, menyenangkan, banyak memberikan bimbingan dan kesempatan kepada  murid untuk melakukan aktivitas jasmani sehingga  setiap murid akan memiliki tingkat kebugaran yang baik.
Dari uraian dan tujuan  yang akan dicapai oleh bahan ajar, tampak bahwa bahan ajar ini memiliki arti dan  fungsi penting dalam upaya membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani. Dengan pemahaman dan penguasaan konsep pendidikan jasmani akan membantu guru dalam mengarahkan, membimbing, mendidik  murid   kearah pencapaian tujuan pendidikan jasmani
















   Pada bagian ini Anda setelah mempelajari konsep Pendidikan jasmani serta        kemampuan jasmani, diharapkan Anda  memiliki beberapa kompetensi, yaitu :
      1.   Menerangkan pengertian hakikat pendidikan jasmani
2.      Mendeskripsikan tujuan pendidikan jasmani
3.      Menjelaskan  sikap dasar  kemampuan jasmani
4.      Menjelaskan  pengembangan kemampuan jasmani

1 komentar:

  1. Main judi kalah terus di tempat lain?
    dan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
    Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
    Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.

    JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
    Livechat 24 Jam
    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031
    Twitter : @S1288POKER

    BalasHapus