Kamis, 23 Februari 2012

KONSEP PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

 

Apakah Anda pernah mendengar istilah Pendidikan Jasmani?
         Selanjutnya apa yang dimaksudkan dengan pendidikan jasmani. Jika Anda belum paham mari kita kaji bersama-sama di kelas ini.  Pendidikan jasmani sebagai terjemahan dari “physical education” yang digunakan di Amerika Serikat. Makna dari pendidikan jasmani adalah pendidikan. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dalam usaha untuk mendewasakan anak melalui upaya        pembelajaran dan pelatihan.

Apakah pendidikan jasmani itu merupakan bagian dari program pendidikan?. Apakah sumbangan  pendidikan jasmani terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak-anak sekolah?
         Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan. Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pendidikan. Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Agar kita lebih dapat mengenali tentang pengertian pendidikan jasmani dan nilai-nilainya, mari kita kaji secara bersama-sama.
         Tidak ada matapelajaran lainnya yang tujuannya sedemikian majemuk dan selengkap pendidikan jasmani. Tujuan yang ingin dicapai bukan saja perkembangan aspek jasmaniah saja, akan tetapi juga aspek lainnya mental yang mencakup  sosial dan moral. Sayangnya tujuan yang serba komplit tidak sepenuhnya dapat tercapai karena pelaksanaan pendidikan jasmani belum sesuai dengan harapan. Namun demikian, mari kita lakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani dengan prinsip: “Sumbangan unik pendidikan jasmani adalah memperkaya rangsangan anak agar tumbuh dan berkembang secara wajar dan meningkatkan bakat kemampuan belajarnya. Sumbangannya merupakan  landasan yang akan menentukan irama perkembangan dan pertumbuhan anak didik berikutnya”.

2 komentar:

  1. Main judi kalah terus di tempat lain?
    dan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
    Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
    Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.

    JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
    Livechat 24 Jam
    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031
    Twitter : @S1288POKER

    BalasHapus