Kamis, 23 Februari 2012

Hakikat Belajar Pendidikan Jasmani

   Di dalam intensifikasi penyelenggaraan pendidikan sebagai proses dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan manusia, karena pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan gerak manusia. Gerak bagi manusia sebagai aktivitas jasmani merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting, yaitu sebagai dasar bagi manusia untuk belajar, baik untuk belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan dan keterampilan, nilai dan sikap, maupun untuk belajar mengenali dirinya sendiri sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam usaha penyesuaian dan mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya dan untuk mencapai kesuksesan.
Oleh karena itu, apabila program pengajaran pendidikan jasmani yang diselenggarakan di sekolah (khususnya SD) dapat terorganisasikan dengan baik akan dapat memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan murid-murid di SD, baik pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani yang harmonis, maupun dalam rangka menyiapkan murid-murid secara psikologis yang mengarah kepada usaha-usaha keras yang sangat berguna untuk meningkatkan kemantapan jasmani dan rohani dalam membantu mengembangkan kemampuan dan kepribadian yang sangat besar pengaruhnya terhadap penyesuaian diri di dalam lingkungannya.
Wujud dari pelaksanaan pengajaran pendidikan jasmani di sekolah (termasuk di SD) berpangkal pada gerak murid, yang menampakan dirinya ke luar terutama dalam bentuk-bentuk aktivitas jasmaninya. Namun bukanlah semata-mata hanya berfungsi untuk meransang dan mengembangkan organ-organ tubuh serta fungsinya saja, melainkan juga demi pembentukan dan pengembangan kepribadian yang utuh dan harmonis di dalam kehidupannya, yaitu dalam rangka membentuk manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri dan yang secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Oleh sebab itu apabila program pendidikan jasmani yang diterapkan di SD dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan diarahkan, dibimbing, dan dikembangkan secara wajar, maka akan dapat merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan murid dan akan sangat berarti serta bermanfaat dalam pendidikan.
Dengan demikian tidaklah berkelebihan bila dikatakan, bahwa pendidikan jasmani merupakan saran yang ampuh untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan.


 

Pendidikan jasmani, dapat mengembangkan derajat kepribadian bagi seseorang murid  yang mendasari di dalam tindakannya yang nyata, di dalam aktivitasnya melibatkan unsur-unsur fisik, mental, emosional, dan sosial.

Melalui pendidikan jasmani anak didik akan  memperoleh berbagai pengalaman, terutama yang sangat erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan, berbagai ungkapan yang kreatif, inovatif, keterampilan gerak, kesegaran jasmani, membiasakan hidup sehat, pengetahuan, dan pemahaman terhadap sesama manusia.
Kegunaan dan kemanfaatan pendidikan jasmani yang diterapkan pada anak-anak usia SD sudah diakui oleh masyarakat umum, dan telah menjadi kenyataan pada dewasa ini bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian integral pendidikan penting dalam persiapan secara menyeluruh bagi perkembangan manusia.
Berdasarkan uraian tentang pendidikan jasmani tersebut, bagaimana pandangan Anda terhadap pendidikan jasmani yang sekarang dilaksanakan di sekolah-sekolah? Khususnya di SD? Apakah anda mempunyai gambaran untuk melaksanakan pendidikan jasmani di SD?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas merupakan pemikiran bagi Anda, jika Anda kelak menjadi guru pendidikan jasmani atau mengajarkan pendidikan jasmani di SD. Bentuk-bentuk gerakan yang telah diprogramkan dalam pengajaran pendidikan jasmani, hanyalah merupakan salah satu alat dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian dapatlah dikemukakan bahwa bukanlah mengajar Pengembangan Kemampuan Jasmani, Atletik, Senam, Permainan di SD, akan tetapi mendidik murid-murid di SD melalui bentuk-bentuk gerakan yang terdapat dalam Atletik, Senam, Permainan, dan sebagainya. Sedangkan tercapainya suatu prestasi yang optimal yang diperoleh murid-murid SD dari bentuk-bentuk gerakan Atletik, Senam, dan Permainan tersebut, adalah akibat dari hasil pendidikan yang dilaksanakan dengan baik, yakni hasil dari pembentukan dan pengembangan kepribadian serta peningkatan kemampuan dan keterampilan gerak dasar yang ditanamkan kepada anak-anak, dengan benar dan baik serta dibimbing, diarahkan, dan dikembangkan oleh gurunya.
Guru pendidikan jasmani berusaha untuk memproses tercapainya tujuan yang nyata dari peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani, yang sesuai dengan keadaan tingkat kemampuannya. Dalam hal ini berarti bahwa anak-anak harus memperoleh peningkatan kemampuan atau prestasi di dalam belajarnya, baik peningkatan dan penguasaan terhadap keterampilan gerak, penyepurnaan gerakan, pengetahuan, maupun nilai dan sikapnya. Guru pendidikan jasmani dapat dikatakan gagal atau tidak berhasil di dalam melaksanakan profesinya, apabila anak-anak tidak memperoleh kemajuan atau peningkatan pertumbuhan dan perkembangannya di dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani tersebut.    
Oleh karena itu, apabila program pengajaran pendidikan jasmani yang diselenggarakan di sekolah (khususnya SD) dapat terorganisasikan dengan baik akan dapat memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi pertumbuhan dan perkembangan murid-murid di SD, baik pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani yang harmonis, maupun dalam rangka menyiapkan murid-murid secara psikologis yang mengarah kepada usaha-usaha keras yang sangat berguna untuk meningkatkan kemantapan jasmani dan rohani dalam membantu mengembangkan kemampuan dan kepribadian; yang sangat besar pengaruhnya terhadap penyesuaian diri di dalam lingkungannya.
Kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani di SD berpangkal pada gerak murid, yang menampakan dirinya ke luar terutama dalam bentuk-bentuk aktivitas jasmaninya. Namun bukanlah semata-mata hanya berfungsi untuk merangsang dan mengembangkan organ-organ tubuh serta fungsinya saja, melainkan juga demi pembentukan dan pengembangan kepribadian yang utuh dan harmonis di dalam kehidupannya, yaitu dalam rangka membentuk manusia cerdas yang dapat membangun dirinya sendiri dan yang secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Dengan demikian tidaklah berkelebihan bila dikatakan, bahwa  Pendidikan jasmani merupakan sarana yang ampuh untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan jasmani, dapat mengembangkan derajat kepribadian bagi seseorang yang mendasari di dalam tindakannya yang nyata, di dalam aktivitasnya melibatkan unsur-unsur fisik, mental, emosional, dan sosial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar