Kamis, 23 Februari 2012

Keterampilan Dalam Pendidikan Jasmani


Keterampilan Lokomotor
Merupakan aktivitas jasmani dengan melakukan perpindahan kaki berpijak dari suatu tempat ke tempat yang lain, atau aktivitas fisik dengan meninggalkan tempat berpijaknya. Sebagian besar keterampilan berkembang sebagai hasil beberapa tahap kematangan, namun berlatih dan memperoleh pengalaman merupakan sesuatu yang penting untuk mencapai kematangan. Bercongklang, meluncur dan meloncat-loncat merupakan kegiatan yang sangat sulit, sebab kegiatan tersebut merupakan kombinasi dari pola dasar yang banyak  dan berbeda-beda.

Keterampilan Nirlokomotor
Keterampilan ini sebagai keterampilan meliukan badan, dan merupakan gerak yang sedikit sekali bahkan terlibat tidak bergerak, sebab sama sekali tidak meninggalkan tempat berpijaknya kaki (antara lain, meliuk, menekuk badan, dan mengayunkan lengan atau tungkai).

Keterampilan  Manipulasi
Gerak ini melibatkan kontrol obyek, yang terakit terutama  dengan  lengan dat tungkai. Ada dua klasifiasi dalam keterampilan dalam keterampilan manipulasi, ialah: (a) menerima dan (b) memberi  penguat.
  1. Menerima merupakan keterampilan menerima obyek (menangkap dan menghentikan )
  2. Memberi penguat, merupakan  keterampilan karakeristik untuk memberi kuat kepada obyek (melempar, memukul dan menyepak).
Pengembangan gerak dasar akan berjalan denagn baik bila ditunjang oleh status gizi yang baik pada anak didik. Peningkatan  kemampuan motorik akan ditunjang oleh keadaan jasmani yang baik, apabila  keadaan jasmani itu tumbuh dengan baik. Hal ini disebut pertumbuhan. Maksud tumbuh ialah  otot yang makin  panjang, kuat dan semakin lentuk.  Sedangkan perkembangan  proses perubahan menuju  kearah yang lebih baik.  Jadi merupakan perubahan kualitatif yang biasanya berkaitan dengan psikis, kepribadian, maupun organ tubuh (khususnya dalam perubahan fungsi otot menjadi lebih baik. Makin baiknya pertumbuhan  diharapkan makin baiknya perkembangan psikomotor.
Kalau kemampuan motorik dapat berkembang sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan (khusus yang dikembangkan di SD) maka dapat diharapkan bahwa keterampilan  motorik atau keterampilan dasar berolahraga dapat menjadi baik juga.

1 komentar:

  1. Main judi kalah terus di tempat lain?
    dan tidak bisa ganti userid karena sudah permanen?
    Mari gabung dengan S1288poker sekarang juga, S1288poker menyiapkan Userid VIP untuk member yang ingin bermain di tempat kami.
    Dan userid tersebut bisa di ganti setiap kapan pun anda ingin kan.

    JIka berminat bisa bertanya tanya kepada CS S1288poker :
    Livechat 24 Jam
    PIN BBM : 7AC8D76B
    WA : 081910053031
    Twitter : @S1288POKER

    BalasHapus